Kesehatan

Dana Sehat
Mengobati tidak akan menyelesaikan masalah, karena hanya mengatasi akibatnya dan bukan sebabnya, meskipun bukan berarti pengobatan itu tidak penting. Oleh karenanya tindakan mencegah (preventif) lebih diutamakan daripada mengobati (kuratif), karena itu lahirlah program yang bernama Dana Sehat.

Program Dana Sehat merupakan upaya masyarakat dan Yayasan Aulia dalam bidang kesehatan, dalam hal ini untuk mendukung anak agar dapat terbantu jika sakit, sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar.

Jika ada anak yang sakit, maka biaya pengobatan dan obatnya akan dibayar dari DANA SEHAT sesuai kriteria yang dibuat. Orangtua dapat membawa anaknya berobat ke dokter / Puskesmas, Klinik / Rumah Sakit terdekat atau ke BPU ANAK SEHAT.

Pos Obat
Pos obat dilakukan oleh kader masyarakat setempat yang telah memperoleh penyuluhan dan bimbingan tentang kesehatan dan berada di rumah kader tersebut.
Pos obat diadakan untuk :

  1. Melakukan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) misalnya jika ada keluarga yang sakit pada malam hari, padahal sakitnya tidak parah mereka dapat pergi ke pos obat.
  2. Memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan.
  3. Menghindari membeli obat kadaluwarsa di warung.
  4. Memantau penyakit yang ada di masyarakat.
  5. Pemberian obat dan dosis yang tepat bagi penderita

Posyandu
Peran utama Posyandu adalah :
Mengajak masyarakat dan kader masyarakat mengambil peran aktif dalam menjaga kesehatan, terutama untuk anak balita dan perempuan usia subur serta memantau pertumbuhan dan perkembangan balita & ibu hamil di lokasi dampingan Yayasan AULIA.

Pos Gizi - Positive Deviance (PD) Program
Kegiatan pos gizi dilakukan melalui metode Positive Deviance yaitu cara pendekatan yang menggunakan peran serta masyarakat sesuai dengan potensi dan kebiasaan masyarakat setempat dalam rangka menanggulangi gizi kurang di wilayahnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan perilaku khusus yang positif dalam merehabilitasi status gizi balita yang mengalami gizi kurang.

Kegiatan Hari Sehat
Seminggu sekali diadakan "Kegiatan Hari Sehat" yaitu memberikan materi dan praktek sederhana pada anak dampingan mengenai kesehatan, antara lain: Penyuluhan tentang diare diberikan kepada anak maupun orangtua, mengapa penyakit itu timbul dan bagaimana mencegahnya

Kebersihan Diri
Pekerja Sosial dalam kegiatan Kelas Terbuka mengajarkan secara sederhana perihal kebersihan diri, misalnya memberi contoh bagaimana cara sikat gigi yang baik, lalu dilakukan secara bersama sama, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, membersihkan telinga dan menggunting kuku anak dampingan. Anak - anak kemudian menggambar poster untuk disebarluaskan.

PAUD
Gempita
Kelompok Belajar
Remalia
Perpus Keliling
Sosialisasi
Kesehatan
Bantuan Darurat
Micro Finance
Yayasan Aulia adalah lembaga yang independen, nirlaba, dan non partisan.