BPU Anak Sehat

Logo BPU Anak Sehat

Sejarah BPU Anak Sehat
Tahun 1993
Sekelompok orang yang menamakan dirinya "KELOMPOK PENGAYAK", mereka adalah sebagian orangtua dari anak jalanan yang kami layani. Kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai pengayak di got atau parit di seluruh pelosok Jakarta. Pendidikan rendah bahkan buta huruf dan tak mempunyai ketrampilan, menjadikan mereka tak mempunyai pilihan lain. Pada umumnya mereka tidur di emperan toko, di kolong jembatan, stasiun atau halte bis.

Pola hidup yang tidak teratur dengan makan dan minum yang tidak bergizi, tidak sehat serta "polusi" obat - obatan mengakibatkan mereka menjadi kelompok yang rentan terhadap penyakit. Berbagai jenis penyakit hinggap mulai dari penyakit infeksi akut seperti; diare, infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, infeksi mata, hingga penyakit menahun dan berbahaya selalu menyertai mereka.

Masyarakat tersebut tentu saja berharap untuk mendapatkan pertolongan baik ke bidan, klinik, Puskesmas atau Rumah Sakit. Namun seringkali mereka tidak dapat berobat, karena tidak mampu membayar biaya berobat, penghasilan yang sangat kurang dan tidak menentu tak memungkinkan hal itu terjadi. Padahal bisa saja keadaan mereka sudah harus segera mendapat pertolongan, yang jika tidak diberikan dapat membahayakan dirinya dan akhirnya membebankan keluarga.

Tahun 1998
Yayasan AULIA berusaha membantu meringankan beban mereka. Beruntung karena ada dua Rumah Sakit yang mau bekerja sama dengan memberikan fasilitas "pembayaran dapat dicicil". Menyadari pelayanan seperti ini tidak dapat dilanjutkan, maka perlu ada alternatif / terobosan baru di bidang pelayanan kesehatan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Pada tanggal 24 April 2006 diresmikan berdirinya Balai Pengobatan Umum Anak Sehat yang kegiatannya masih terus berkembang.


Arti Kata ANAK SEHAT
Kata ANAK SEHAT secara harfiah memang dimaksudkan dan diharapkan anak-anak dampingan Yayasan AULIA selalu sehat walafiat.

Arti Logo ANAK SEHAT
Huruf A dari ANAK SEHAT melambangkan pintu besar yang terbuka untuk menolong semua anak yang punya masalah terhadap kesehatannya. Tanpa daun pintu, karena pelayanan kesehatan harus siap menyambut dan menerima siapa saja yang membutuhkan.

Bentuk tubuh yang ideal dari anak dengan tangan ke atas, menyatakan rasa syukur dan gembira bahwa ada yang menolong yaitu ketika mau masuk (sedang sakit) atau ketika keluar (sudah sembuh). Klinik ANAK SEHAT ingin setiap anak yang datang dengan berbagai macam masalah kesehatan akan pulang dengan rasa bersyukur, gembira karena masalah kesehatannya sudah teratasi.

Arti Warna Logo ANAK SEHAT
Warna Biru melambangkan kebersihan, keteraturan, peduli, hati yang lembut penuh kehangatan, kesabaran dan rendah hati. Biru juga memberi perasaan damai yang menyejukan sehingga dapat menimbulkan ketenangan pada yang dilayani.

Warna Coklat dari anak melambangkan daya tahan, stabil dan berbobot dari anak. Warna coklat juga warna bumi, melambangkan harus membumi, menerima kenyataan apa adanya dari keadaan anak yang dilayani.

Balai Pengobatan Umum Anak Sehat
Yayasan AULIA ingin membantu masyarakat miskin perkotaan di bidang kesehatan yang berorientasi pada masyarakat itu sendiri, maka berdirilah Balai Pengobatan Umum Anak Sehat (BPU Anak Sehat).

BPU Anak Sehat mempunyai klinik di gedung Yayasan AULIA dan klinik sederhana di lokasi dampingan yang dibuka bersamaan dengan hari Posyandu.

BPU ANAK SEHAT tidak memungut biaya seperti lazimnya klinik - klinik swasta. Pasien hanya membayar ala kadarnya biaya administrasi saja sebagai bentuk tanggung jawab pasien terhadap pengobatannya.

Yayasan Aulia adalah lembaga yang independen, nirlaba, dan non partisan.