KBITA Kids

Logo KBITA Kids

Sejarah KBITA Kids
Latar belakang PAUD KBITA Kids didirikan adalah karena banyaknya anak-anak balita yang juga datang saat kegiatan kelompok belajar. Mereka biasanya hanya "ikut-ikutan" belajar bersama kakak mereka. Ibu-ibu yang menitipkan anaknya belajar juga meminta anak mereka diajarkan menulis. "Nulis apa aja deh kak, hurup apa aja," begitu biasanya ibu-ibu meminta kepada pekerja sosial. Semakin hari semakin banyak anak yang ikut belajar padahal kegiatan kelompok belajar lebih ditujukan kepada anak SD.

Melihat fenomena tersebut, Yayasan Aulia tidak berdiam diri saja. Bersama dengan masyarakat, kami lalu mengidentifikasi dan menganalisa seberapa pentingkah kebutuhan Pendidikan bagi Anak Usia Dini di masyarakat. Beberapa hal yang menjadi temuan kami diantaranya adalah minimnya tempat bermain dan belajar yang tersedia bagi anak usia dini serta biaya pendidikan untuk anak pra sekolah atau TK relatif tinggi sehingga masyarakat sulit menjangkaunya. Akhirnya anak-anak yang belum sekolah ini pun sering kali terlihat bermain-main tanpa pengawasan orang tua seperti di jalan, di lingkungan rumah yang kotor dan di pinggir kali.

Atas dasar analisa kebutuhan tersebut, pada bulan Agustus 2007 Yayasan Aulia kemudian mendirikan PAUD KBITA Kids (Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Bermain & Belajar Anak Kita).

Arti Kata KBITA Kids
Kata KBITA Kids merupakan kata yang diusulkan dan disepakati oleh para ibu yang berada di lokasi dampingan. Kata KBITA Kids merupakan singkatan dari Kelompok Bermain & Belajar Anak Kita. Kata kabita dalam bahasa Sunda berarti "keinginan" dan diharapkan PAUD ini bisa menimbulkan motivasi para orangtua dalam memberikan hak pendidikan yang berkualitas bagi anaknya sejak usia dini.

Arti Logo KBITA Kids
Dua anak usia dini, seorang perempuan dan seorang lagi laki-laki, mereka mewakilkan teman-temannya yang lain, dalam kesetaraan. Anak perempuan duduk di sebelah “luar” menunjukkan bahwa perempuan tidak selalu harus dianggap mahluk yang lemah, bahkan perempuan dapat melindungi laki-laki. Gambar panah merupakan simbol dari anak-anak yang akan menuju ke sasaran, yaitu hari depan yang cerah dan baik. Perencanaan yang bagus dan pasti (ujung panah yang lancip) akan mengatasi semua masalah (menembus segala rintangan) dan mencapai tujuan/cita-citanya (menuju sasaran dengan tepat). Orangtua bersama Yayasan AULIA hanya dapat mengarahkan, memberi bekal pelajaran dan pendidikan kepada anak-anak tersebut, namun tak seorang pun yang berkuasa dapat memastikan dan menentukan serta mengetahui apa yang akan terjadi dengan anak-anak tersebut kelak (di mana panah tersebut akan mendarat kelak).

Arti warna logo KBITA Kids
Kata KBITA yang berwarna warni menyatakan keanekaragaman anak yang belajar, kaya-miskin, bermacam-macam agama, berbagai suku dan bangsa. Warna merah dadu yang mengelilingi seluruh logo, merupakan simbol dari Cinta, Kasih Sayang, kelembutan dan pengertian, penuh harapan. Satu sambungan, tak terputus menyatakan kebersamaan dan kekuatan dalam persatuan untuk mencapai tujuan bersama.

Yayasan Aulia adalah lembaga yang independen, nirlaba, dan non partisan.